Study tour Polinema PSDKU Pamekasan

Pamekasan,09/12/2022 – Berawal dari pertanian di ladang-ladang garam secara tradisional, Industri Garam Indonesia terus berkembang, hingga saat ini menjadi salah satu bidang industri yang memberi penghidupan bagi banyak masyarakat di seluruh Indonesia. Oleh karena itu mahasiswa/wi POLINEMA PSDKU Pamekasan melakukan kunjungan belajar ke Kantor Pegaraman Pamekasan yang dibawah PT. GARAM Indonesia, melalui matakuliah Penganggaran mahasiswa/wi belajar tentang penganggaran pada Kantor Pegaraman Pamekasan tentang biaya tetap, biaya variabel dan penganggaran tenaga kerja dengan sistem borongan maupun upah harian yang dijelaskan secara rinci oleh perwakilan dari Kantor Pegaraman Pamekasan yang telah menerima kami, selain itu juga dijelaskan penganggaran biaya-biaya lainnya dan aplikasi penganggaran yang digunakan.
Dengan suasana dan fasilitas yang mendukung paparan dari Kantor Pegaraman Pamekasan berjalan dengan baik, lancar dan menyenangkan. Pihak perwakilan Kantor Pegaraman Pamekasan juga menyampaikan bahwa industri garam di Indonesia memproduksi berbagai jenis garam untuk memenuhi berbagai keperluan akan garam baik untuk kebutuhan rumah tangga, maupun kebutuhan industri, peternakan dan pertanian.
Garam di Indonesia diproduksi oleh petani garam (garam rakyat) dan PT Garam. Proses produksi garam oleh petani garam dilakukan dengan cara proses penguapan air laut pada meja-meja kristalisasi yang dilakukan secara total (penguapan air dilakukan dalam satu areal kristalisasi), sehingga hanya diperoleh garam dengan kadar NaCl yang rendah dan mengandung kadar Ca dan Mg yang relatif tinggi serta cenderung kotor (impuritis tinggi). Sedangkan garam produksi PT Garam proses produksinya dilakukan dengan cara pengolahan bertingkat yang mana proses penguapan air laut dilakukan di areal evaporator dan proses pengkristalan dilakukan di areal kristalisasi sehingga diperoleh garam dengan kualitas yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *